PASAR DAN PEMBELI GLOBAL
Seluruh
dunia sedang berkembang. Perkembangan pasar tercepat terjadi di pasar negara-negara
berkembang, yang mana sampai saat ini, tingkat perkembangan hampir sama dengan
negara negara industri kaya.
1. Kerjasama
ekonomi dan pengaturan istimewa dalam perdagangan
Sejak
berakhirnya perang dunia II terdapat minat yang luar biasa dalam kerjasama
ekonomi. Antusiasme untuk kerjasama ekonomi telah di pacu dengan suksesnya
masyarakat eropa, yang mendapat inspirasi dari ekonomi amerika serikat. Terdapat
berbagai tingkat kerjasama ekonomi, berkisar pada perjanjian antara dua negara
atau lebih untuk mengurangi hambatan terhadap perdagangan, sampai interogasi
ekonomi sepenuhnya dari ekonomi kedua negara atau lebih.
Pengaturn
istimewa yang paling terkenal di abad 20 adalah sitem perdagangan istimewa.
Sistem ini penting bagi negara negara
seperti inggris, kanada, australia, selandia baru, india dan beberapa mantan
koloni inggris di afrika asia dan timur tengah.
Free Trade Area
Free Trade Area
(FTA = wilayah perdagangan bebas)
adalah sekelompok negara yang setuju untuk menghilangkan semua hambatan
internal terhadap perdagangan diantara anggotanya. Negara anggota dari wilayah
perdagangan bebas dapat mempertahankan
kebijakan perdagangan independen dengan
negara ketiga. Untuk menghindari penyimpangan perdagangan yang menguntungkan
negara dengan bea masuk rendah (mengimpor barang di negara anggota yang bea masuknya paling rendah untuk dikirim
ke ke negara negara di wilayah tersebut dengan bea masuk eksternal yang lebih
tinggi)
Keseragaman pabean (Costum union)
Keseragaman pabean adalah evolusi
logis dari wilayah perdagangan bebas.
Sebagai tambahan dari di hapuskannya hambatan internal untuk perdagangan, para
anggota keseragaman pabean setuju untuk menegakkan hambatan eksternal umum.
Contohnya; american common market, souhern cone common market dan andean group.
Pasar bersama
Sebuah pasar bersama untuk
menghapuskan penghalang penghalang internal untuk melakukan perdagangan dan
membuka penghalang eksternal bersama bagi tahpan penting selanjutnya dalam
menghapuskan penhalang penghalang aliran faktor (tenaga kerja dan modal) di
pasar tersebut. Pasar bersama mengakibatkan terjadinya penghapusan penghalang tarif
internal dan membuka penhalang eksternal bersama.
Uni ekonomi (economic union)
Evolusi penuh dari uni ekonomi akan
termasuk penciptaan satu bank sentral tunggal, penggunaan mata uang tunggal dan
kebijakan bersama dalam pertanian,
pelayanan dan kesejahteraan, perkembangan regional, transpor, pajak, persaiangan
dan merjer konstruksi dan pembangunan, dan seterusnya. Uni okonomi yang sudah
berkembang lengkap membutuhkan kesatuan politik yang eksatenti, yang membuat
keadaan serupa dengan sebuah negara.
Organisasi perdagangan dunia dan GATT
General
agreement on tariffs and trade adalah kontrak yang mengikat antara 125
negara yang mempunyai tujuan untuk mempromosikan perdagangan diantara para
anggotanya. GATT bertujuan untuk menjadi suatu inisiatif global da
multilateral, dan para negosiator GATT benar benar sukses meliberasisakan
perdagangan barang di dunia ini. GATT juga adalah organsasi yang menangani 300
perselisihan perdagangan kebanyakan adalah untuk makanan, selama separuh abad
kehadirannya.
2.
Kerjasama
Ekonomi Regional
Selain
inisiatif multilateral dari GATT, berbagai negara disetiap kawasan dunia
mengarah pada hambatan yang lebih kecil terhadap perdagangan didalam regional
masing-masing. Bagian berikut menguraikan persetujuan kerjasama ekonomi
regional utama.
Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC)
Setiap
bulan november, perwakilan dari 18 negara yang saling bertetangga di lautan
pacific bertemu secara formal itu membahas prospek liberisasi perdagangan
secara koleektif, negara-negara yang merupakan anggota forum Asia-Pacific
Economic Cooperation (APEC) menguasai sekitar 40 % perdagangan dunia 38%
populasi dunia dan 52% output perdagangan dunia. APEC memberikan kesempatan
untuk diskusi tahunan dengan orang-orang beragam kegiatan : Akademisi dan
Eksekutif bisnis, mentri dan kepala pemerintahan.
North American Free Trade Agrement
(NAFTA)
Di
tahun 1988 Amerika serikat menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan
kanada (U.S Canada Free Trade Agrement CFTA) yang diperluas di tahun 1993.
Untuk menyertakan meksiko. NAFTA menciptakan wilayah perdagangan bebas dengan
populasi 381 juta jiwa dan Produk Nasional Bruto $7,6 triliun di tahun 1995.
Association of South East Asian Nations
(ASEAN)
Association
of South East Asian Nations (ASEAN) adalah sebuah organisasi untuk kerjasama
ekonomi, politik, sosial dan budaya. Diantara ke 9 negara anggota : Indonesia,
Brunei, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.
ASEAN didirikan pada tahun 1967 dengan penandatanganan deklarasi bangkok.
Kelompok
ASEAN meliputi 356 juta penduduk dan PNB sebesar $675 Milliar. Perkapita diantara negara-negara anggota
ASEAN pada tahun 1997 berkisar dari $ 22.700 di singapura sampai $900 untuk
indonesia.
Uni Eropa
Uni Eropa didirikan dengan
perjanjian roma di bulan januari 1958 enam negara anggota semula adalah Belgia,
Prancis, Belanda, Italia, Luksemburg, dan Jerman Barat. Ditahun 1973 inggris,
denmark dan irlandia bergabung, diikuti oleh yunani ditahun 1981 serta Spanyol
dan portugal ditahun 1986 mulai 1 januari 1995 tiga anggota baru bergabung
yaitu finlandia, swedia dan Austria.
3.
Karakteristik
Pasar Regional
Terdapat
berbagai cara untuk membagi negara-negara didunia menjadi pasar regional yang
berbeda-beda. Sebenarnya mendefinisikan pasar regional merupakan usaha untuk
mengelompokkan negara dimana persamaan dalam kelompok dan perbedaan kelompok
akan tampak semaksimal mungkin.pasar nasional dikelompokkan berdasarkan pada
kedekatan geografik. Survei ringkas dari setiap regional disajikan. Jepang
diamati lebih terinci sebagai contoh dari analisis yang lebih mendalam.
Pendekatan pengelompokkan yang sederhana adalah untuk menggunakan suatu
penilaian secara sederhana menyangkut kriteria yang penting atau Relevan.
4.
Pemasaran
Negara Berkembang
Kekurangan akan barang dan jasa
merupakan masalah sentral di negara-negara berkembang dan kebutuhan paling
menekan adalah memperluas produksi. Pemasaran adalah disiplin yang menjadi
pedoman dalam proses mengidentifikasi dan menuai kebutuhan dan keingian
masyarakat. Jelas, pemasaran diperlukan di negara berkembang.
Peluang jangka panjang dapat
dipertahankan dinegara-negara berkembang. Sekarang ini Nike Inc, hanya
memproduksi dan menjual sebagian kecil dari Outpunya dicina; tetapi kalau
perusahaan itu mengacu cina sebagai “pasar dua milliar kaki" jelas negara
itu mempunyai masa depan tekanan persaiangan yang lebih besar akan memaksa
perusahaan untuk mengefaluasi ulang strategi mereka dan mencari pasar baru
dinegara-negara berkembang. Bahkan beberapa negara-negara berkembang yang
tumbuh dengan cepat mengawali bisnis dinegara yang tertinggal didalamnya pasar
yang makin berkembang dapat hilang akibat sikap acuh tak acuh dan pesaing Asin
akan masuk terlebih dahulu.
5.
Pembeli global
Setiap pembeli adalah unik, dan semua
pembeli menjalani proses yang sama dalam melakukan keputusan pembelian. Jadi
meskipun para pembeli dinegara-negara dan kawasan dunia yang berbeda menjalani
proses yang sama dalam melakukan keputusan pembelian mereka, mereka akan
melakukan pembelian yang berbeda karena mereka akan merespon keunikan ekonomi, sosial
dan budaya, politik dan pemerintahan, lingkungan, persainagan, dan
faktor-faktor pribadi yang mempengaruhi keputusan-keputusan pembeli.
Bagi
setiap organisasi yang beroprasi dimana saja didunia ini intisari pemasaran
adalah untuk mengungguli persaingan dalam tugasnya menciptakan nilai yang bisa
dirasakan bagi para pelanggan
6.
Rencana Pemasaran Global
Setiap negara didunia ini adalah berdaulat dan unik, dan
terdapat kemiripan diantara negara-negara yang berada dalam kawasan yang sama
atau tingkat Perkembangannya sama yang membuat kedua pemdekatan tingkat kawasan
dan pasar tersebut menjadi dasar perencenaan pemasaran dalam bab ini, material
organisasi tersebut meliputi seluruh kawasan geografi. Hal itu diorganisasikan
diseluruh tingkat perkembangan ekonomi. Penting bagi pemasar memiliki pandangan
yang luas mengenai keadaan alamiah kawasan-kawasan yang ada didunia ini
sehingga mereka tidak akan membuat kesalahan serius dalam mengembangkan
pemasaran mereka. Dalam kebanyakan kasus, perusahaan disarankan untuk
menyiapkan dengan baik rencana-rencana mereka yang berkaitan dengan kawasan,
perkembangan, dan negara.
No comments:
Post a Comment